Begini cara membuat sebuah quiz online di Quizizz.com


-

Hai Sobat

Saya ikal,

Disini saya akan sharing sesuatu nih.

-


Sesuai judul, jadi kita akan mencoba membuat quiz online. Mungkin beberapa dari kalian sudah ada yang tau. Tapi tidak apa-apa lah :D.


Langsung saja.

1. REGISRASI

Siapkan 1 akun gmail untuk dikaitkan. Lalu kalian buka quizizz.com dan klik garis 3 dipojok kanan atas



Jika sudah maka akan muncul Pengaturan,Masuk,dan Daftar. Jika kalian sudah melakukan registrasi sebelumnya. Kalian hanya perlu klik Masuk. Dan jika yang belum pernah mendaftar atau baru kali ini, klik Daftar.


Jika sudah, maka akan muncul form registrasi. Lalu klik Daftar dengan Google dan pilih akun gmail yang kamu ingin kaitkan. 


Dan jika sudah, kalian akan disuruh untuk mengisi informasi akun quiz kalian. Isi sesuai dengan keinginan kalian saja. Dan kita lanjut ketahap kedua

 

 2. Pembuatan quiz

Setelah registrasi atau daftar tampilannya akan seperti dibawah ini

 

nah seperti itu kira kira. Sekarang klik Buat Quiz yang ada di pojok kanan atas, dan kalian akan di arahkan ke path /admin/ dan disana kalian disuruh mengisi sebuah form, dimana form itu untuk nama dari Quizz online kalian, dan dibawahnya kalian disuruh mencentang label pelajaran dari Quizz yang ingin kalian buat, namun hanya boleh 3 mata pelajaran saja yah.

 

Tampilannya seperti dibawah ini 

 


Nah seperti itu. Contoh disini saya menamakan Quiz online saya seperti ini



Lanjut kita klik Selanjutnya untuk masuk ketahap pembuatan soal. Disesi pembuatan soal kalian bisa Membuat soal seenak jidat kalian. Tampilan dashboard pembuatan soal seperti dibawah ini


Disana terdapat beberapa fiture. Saya akan jelaskan 1 per satu yah.


- Pilihan ganda : 

Membuat sebuah soal dengan tampilan Pilihan Ganda. Kalian dapat menambahkan lebih dari 4 jawaban yang akan ditampilkan dengan 1 jawaban yang benar.

- Kotak centang

Membuat sebuah soal dengan tampilan Pilihan Ganda. Kalian dapat menambahkan lebih dari 4 jawaban yang akan ditampilkan dengan 1 atau lebih jawaban yang benar (Multiple Choice).

- Isi bagian yang kosong

Membuat sebuah soal dengan tampilan Essay. Kalian dapat menambahkan 1 jawaban yang benar, dan beberapa alternatif jawaban untuk dibenarkan.

- Pemilihan

Membuat sebuah soal dengan tampilan Pilihan Ganda.Kalian dapat menambahkan lebih dari 4 jawaban untuk ditampilkan, namun semua jawaban dipilih oleh pemain akan tetap menambah point pemain (Bonus)

- Terbuka-Berakhir

Membuat soal dengan tampilan Essay. Semua jawaban yang dijawab pemain akan tetap menambah point pemain (Bonus)

dan untuk yang Meluncur saya belum mengetahui nya. silakan coba saja dan simpulkan sendiri.


Kalian juga dapat menambahkan gambar,dan juga dapat mengimport soal yang pernah kalian buat di file berextensi .xlsx dan .xls .


3. Pempublikasian

Jika kalian merasa soal sudah cukup dan ingin segera mempublikasikan Quizz online nya. Kalian klik form Kembali yang terletak di pojok kanan atas. dan secara otomatis tersimpan di bagian Perpustakaanku. Lanjut kita klik Mulai Kuis Langsung dan pilih metode yang ada dan klik Lanjutkan.

 

Maka kalian akan otomatis di beri kode join dari Quiz yang kalian buat tadi.Contoh seperti dibawah ini

 


Bagikan kode join dan tunggu beberapa user memasuki Quizz kalian. Jika kalian sudah merasa ingin memulainya, lanjut Klik mulai dan Quiz secara otomatis Mulai dan para player otomatis terhitung mundur dan akan disajikan soal yang kalian buat.


Nah untuk kalian yang membuat Quizzz nya, kalian bisa memantau para player yang ikut memiliki Quizzmu dan melihat benar dan salahnya jawaban para pemain.


Mudah bukan, Bagi yang kurang paham atau merasa bingung, bisa Chat saya melalui WhatsApp ataupun Gmail.


Thanks

See u